4+ Tahapan Daur Hidup Belalang (Metamorfosis Belalang)

Inilah tahapan daur hidup belalang atau siklus hidup belalang (metamorfosis belalang) lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

daur hidup belalang

Perlu kalian ketahui, belalang merupakan serangga yang termasuk sebagai salah satu hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau kadang juga disebut " Hemimetabola ".

Sebagai hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, tentunya serangga yang satu ini menjalani 3 tahapan pertumbuhan selama hidupnya, yakni telur, nimfa (belalang kecil), dan imago (belalang dewasa).

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah beberapa tahapan daur hidup belalang (metamorfosis belalang), yang dirangkum oleh blog duniabinatang.ID dari sumber terpercaya. Mari kita simak ulasannya.

Inilah Beberapa Tahapan Daur Hidup Belalang (Metamorfosis Belalang) Lengkap Dengan Gambar

#1. Belalang Betina Bertelur

Daur Hidup Belalang
Ilustrasi Belalang Melakukan Perkawinan
Tahapan awal dari metamorfosis belalang adalah belalang betina bertelur. Proses belalang betina bertelur ini bisa terjadi setelah belalang betina tersebut melakukan perkawinan dengan belalang jantan.

Kemampuan bereproduksi atau bertelur pada belalang bisa terjadi apabila belalang betina tersebut sudah memasuki tahap imago, yaitu tahapan pada hewan yang sudah dianggap sebagai hewan dewasa.

Waktu yang dibutuhkan seekor belalang betina bertelur biasanya memakan waktu sekitar 3 hari hingga 4 hari. Proses bereproduksi belalang ini termasuk cepat, karena dipengaruhi kemampuan belalang yang bisa dengan cepat menghasilkan telur.

Kemudian, telur-telur belalang tersebut akan diletakan di tempat yang aman oleh belalang betina seperti pada tumbuhan-tumbuhan, atau tempat aman lainnya yang bisa menyimpan telur-telur belalang tersebut.

#2. Telur

Daur Hidup Belalang
Ilustrasi Telur Belalang
Telur belalang biasanya membutuhkan waktu antara 1 bulan hingga 10 bulan untuk menetas menjadi anak belalang (nimfa). Berapa lama penetasan telur belalang ini tergantung dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Karena pada daerah tertentu, misalnya di sebuah daerah dengan iklim sub tropis pada saat musim dingin, maka telur belalang tersebut akan mengalami penundaan penetasan, sampai berakhirnya musim dingin tersebut.

#3. Nimfa (Belalang Kecil)

Daur Hidup Belalang
Belalang Dalam Tahapan Nimpa (Belalang Kecil)
Pada tahap ini, telur belalang sudah menetas menjadi seekor belalang kecil tapi belum mempunyai sayap, sehingga belum bisa terbang. Secara fisik, bentuknya mirip dengan belalang yang sudah dewasa tapi masih berukuran kecil.

Biasanya, dari tahap nimfa (belalang kecil) menuju ke imago (belalang dewasa) berlangsung antara 30 hari sampai 40 hari. Selama tahap nimfa ini, belalang akan melakukan beberapa kali pergantian kulit sebanyak 4 kali.

Pergantian kulit belalang tersebut berfungsi untuk memudahkan pembentukan sel-sel baru pada tubuh belalang, yang semakin lama semakin tumbuh dan berkembang, sampai akhirnya menjadi belalang dewasa.

#4. Belalang Dewasa (Imago)

Daur Hidup Belalang
Belalang Dalam Tahapan Imago (Belalang Dewasa)
Pada tahap imago, belalang sudah mempunyai tubuh yang besar, dan sudah mempunyai sayap, sehingga bisa terbang. Biasanya, proses belalang dewasa memiliki sayap memakan waktu sekitar 14 hari setelah melakukan 4 kali pergantian kulit pada tahapan nimfa.

Disamping sudah berukuran besar, dan mempunyai sayap, belalang pada tahapan ini sudah bisa melakukan perkawinan dan bereproduksi. Biasanya, belalang dewasa bisa bertahan hidup dialam bebas sekitar 2 minggu hingga 3 minggu.

Akhir Kata

Nah, itulah tahapan daur hidup belalang (metamorfosis belalang) lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermamfaat, dan baca juga contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel