7+ Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)

Inilah contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna (Hemimetabola) lengkap dengan gambar, dan penjelasannya.

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Seperti yang kalian ketahui, metamorfosis merupakan sebuah proses perkembangan atau pertumbuhan seekor hewan yang ditandai dengan beberapa perubahan bentuk fisiknya.

Proses metamorfosis itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu metamorfosis tidak sempurna dan metamorfosis sempurna. Dimana, metamorfosis tidak sempurna merupakan perkembangan hewan yang tidak mengalami perubahan pada struktur tubuhnya.

Fase yang dilewati oleh hewan metamorfosis tidak sempurna adalah telur, nimfa, imago (hewan dewasa. Lantas, apa saja contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna (Lengkap Dengan Gambar)

#1. Belalang

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Belalang
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yang pertama yaitu belalang. Karena pada masa perkembangannya, belalang akan menjalani fase telur, nimfa, dan imago (belalang dewasa).

Pada fase telur, telur belalang akan menetas menjadi nimfa (anak belalang) setelah melewati waktu antara 1 bulan hingga 10 bulan. Fase ini tergantung pada jenis belalang tersebut, dan kondisi lingkungannya.

Pasalnya, pada daerah dengan iklim sub tropis akan mengenal musim dingin. Dimana diketahui, ketika musim dingin tiba, telur belalang akan mengalami penundaan penetasan sampai bergantinya musim.

Pada fase nimfa, anak belalang tersebut belum mempunyai sayap, sehingga belum bisa terbang. Biasanya, fase nimfa berlangsung sekitar 30 hari hingga 40 hari, hingga akhirnya menjadi seekor belalang dewasa.

#2. Jangkrik

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Jangkrik
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna berikutnya yaitu jangkrik. Jangkrik adalah hewan yang memerlukan waktu metamorfosis kurang lebih 83 hari, yang dimulai dari fase telur, nimfa, dan imago.

Pada fase telur, telur jangkrik akan menetas menjadi nimfa (anak jangkrik) setelah 3 hari. Kemudian pada fase nimfa, anak jangkrik tersebut akan mengalami pertumbuhan sampai akhirnya menjadi jangkrik dewasa.

Pada umumnya, mulai dari fase nimfa (anak jangkrik) hingga ke fase imago (jangkrik dewasa), yang sudah siap bereproduksi atau siap kawin, biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 40 harian.

#3. Capung

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Capung
Capung adalah salah satu hewan yang juga mengalami metamorfosis tidak sempurna. Dimana, hewan yang satu ini menjalani 3 fase selama hidupnya, yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase imago (capung dewasa).

Dari fase telur menuju ke fase nimfa biasa berlangsung kurang lebih sekitar 2 hari hingga 7 hari. Selama fase nimfa, nimfa capung akan bertahan hidup di perairan antara 4 minggu hingga 4 tahun (tergantung jenis capungnya).

Kemudian, dari fase nimfa menuju ke fase imago (capung dewasa), yang sudah mempunyai sayap, biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 bulan hingga 4 bulan. Umumnya, capung dewasa hanya bisa hidup maksimal 4 bulan saja.

#4. Kecoa

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Kecoa
Ketika kecoa masih dalam bentuk telur, telur kecoa tersebut disimpan oleh induknya di permukaan tanah. Telur kecoa tersebut biasanya dilindungi oleh sejenis penutup atau wadah yang dinamakan " Ootheca ".

Telur kecoa akan menetas menjadi nimfa (kecoa kecil) setelah 1 bulan sampai 2 bulan. Pada fase nimfa, kecoa kecil tersebut belum mempunyai sayap, dan melakukan pergantian kulit sebanyak 4 kali hingga 7 kali.

Kemudian, dari fase nimfa (kecoa kecil) menuju ke fase imago (kecoa dewasa), yang sudah memiliki sayap, biasanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 60 hari. Umumnya, kecoa bisa hidup maksimal 20 hari saja.

#5. Tonggeret

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Tonggeret
Hewan yang satu ini sering dikira " belalang " atau " lalat besar ", walaupun mereka sebenarnya tidak mempunyai hubungan keluarga dekat. Secara taksonomi, tonggeret justru memiliki hubungan keluarga dekat dengan " wereng " dan " kutu loncat ".

Tonggeret adalah salah satu hewan yang menjalani metamorfosis tidak sempurna dengan menakjubkan. Pasalnya, serangga yang satu ini menjalani hidup dalam fase larva selama kurang lebih 17 tahun.

Setelah 3 hari menjadi serangga dewasa, tonggeret segara memasuki masa repoduksi, dan siap kawin. Kemudian, beberapa minggu setelah perkawinannya, serangga ini akan segera mati dengan sendirinya.

#6. Rayap

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Rayap
Berdasarkan fase perkembangannya, rayap menjalani 3 fase selama hidupnya, yaitu telur, nimfa, dan imago (rayap dewasa). Sehingga bisa dimasukan sebagai salah satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Fase hidup seekor rayap dimulai dari sebuah telur rayap lunak yang berwarna jingga transparan. Kemudian, telur rayap tersebut akan menetas, dan berkembang menjadi nimfa, yaitu seekor rayap muda.

Setelah rayap muda sudah menjadi seekor rayap dewasa, barulah dia memilih perannya dalam koloninya, seperti menjadi rayap reproduksi (Alates), menjadi rayap prajurit, atau menjadi rayap pekerja.

#7. Kutu Daun

Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
Kutu Daun
Kutu Daun adalah salah satu jenis serangga yang dianggap sebagai hama oleh para petani. Pasalnya, serangga yang satu ini memakan semua jenis tanaman seperti cabai, buncis, tomat, kentang, dan lain sebagainya.

Berdasarkan fase perkembangannya, kutu daun juga menjalani 3 fase dalam hidupnya, yang dimulai dari telur, nimfa (kutu daun kecil), dan imago (kutu daun dewasa), sehingga bisa dikategorikan sebagai hewan hemimetabola.

Dari fase nimfa (kutu daun kecil) menuju ke fase imago (kutu daun dewasa), serangga ini akan melakukan beberapa kali molting (pergantian kulit), dan akan terjadi perkembangan pada sebagian organnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis tidak sempurna (Hemimetabola) lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Baca juga contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel